Tuesday 9 July 2013

Gagal.

Gue baru saja merasakan kegagalan di hari senin kemarin, tepatnya tanggal 8 juli 2013.
GAGAL kenapa? Gagal lolos di SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Seperti yang gue katakan di post-an blog gue sebelumnya, gue sempet lupa tulis kode soal waktu ngerjain soal Tes Potensi Akademik pertama kali.
Disini gue bener-bener merasa gagal. Bukan gagal sebagai mahasiswi baru aja, tapi juga gagal me-manage diri gue sendiri.

Gue memang tipikal cewek yang ceplas ceplos, bisa dibilang juga terlalu simple and absolutely reckless.
Gue menyesal? 
Gue kecewa?
Gue iri?
Semua jawabannya adalah IYA. Jangan munafik dong, lu pasti yang baca ini kalo senasib sama gue juga pasti begitu.
Tapi, gue gak mau menyesali itu terlalu lama-lama.

Disini gue cuman pengen ngungkapin aja sama rasa kekesalan gue sendiri, dan kalo boleh jujur sama nyokap gue juga walaupun dia emang berjasa buat gue, tapi tetep aja rasa kesel itu ada walaupun gak banyak.


Orang yang selalu ngedukung gue buat masuk Universitas Negeri itu cuman bokap gue, apapun dia akan lakukan asalkan gue bisa tembus, seandainya doa seorang Ayah itu lebih "plong" dibandingkan seorang Ibu, mungkin sekarang gue udah sembah sujud di depan bokap gue.

Nyokap emang cerewet, dia selalu berdebat sama gue soal kuliah. Dia selalu memaksakan gue untuk kuliah di tempat yang dia mau, dengan alasan cepet kerja, tapi apakah dia pernah mikir gue ngejalaninnya gimana? Kalo cuman setahun dua tahun sih gapapa, nah ini empat tahun berkutat dengan akuntansi, mau bunuh gue secara perlahan? secara gue paling gak suka sama akuntansi, sekalipun juga jurusan itu adalah menejeman.
Gue tau dia emang ingin yang terbaik buat gue, dia selalu bilang kalo anak cewek jangan sampe gak kerja, jangan sampe diinjek-injek sama laki. Well, it's so good for me.
Tapi itulah kejelekan dari nyokap gue, dia terlalu sibuk untuk memperhatikan kemampuan gue dimana.

Entah kenapa gue ngerasa dengan gak lolosnya gue ini, gue ngerasa Tuhan sayang banget sama gue, emang udah dari awal gue ada feel kalo gue gak bakal tembus di tahun ini. Ternyata, beneran aja kejadian.

Gue bilang kalo gue kecewa, tapi kenapa gue gak mau bikin ini jadi masalah berlarut-larut?
Karena gue punya alasan yang bisa bikin diri gue bangkit lagi.

1. Kuliah di negeri gak akan menjamin lu bakal selalu sukses karena kehidupan itu bagai roda yang berputar.
2. Masalah ini akan menjadi masa lalu sehari kemudiannya, masih mau mikirin masa lalu? kenapa ga mencoba menatap masa depan?
3. Gue bukan tipe orang yang putus asa.

Bokap selalu ngomong sama gue, kesempatan itu ada dimana-mana tergantung kita yang bisa melihat peluang apa enggak.
Gak diterima-nya gue di PTN, bukan berarti hidup gue akan berakhir. 
Masih ada tahun depan untuk mencoba. HAHAHAHA.

Belajar mati-matian demi dapetin Universitas yang diinginkan, menjadi sangat-sangat religius, tapi hasilnya tetep sama aja, yang lebih ironisnya lagi gue udah dipastikan GUGUR di awal karena gue lupa tulis kode soal. Apakah itu menyakitkan? SANGAT.
Kecuali lu gagal kalo lu gak belajar, atau lu males-malesan, itu sih salah lu sendiri.


Sebenarnya juga, kegagalan bukan cuman kayak gue aja, tapi banyak banget macam kegagalan di dunia ini.
Kalo menurut gue, semua orang itu harusnya mempunyai sifat seperti seorang Wirausaha, yang selalu berani mengambil risiko (apalagi kalo dia bangkrut).
Gue ngomong begini bukan karena gue sok mau jadi pemberi motivasi buat kalian, sangat salah!
Gue bisa ngomong begini karena gue pernah gagal, karena gue pernah ngerasain gimana rasanya berjuang mati-matian tapi hasil yang gue dapet sangat jauh dari apa yang bisa dibayangkan.

17tahun gue hidup belum pernah gue belajar dari pagi ketemu malem, malem ketemu pagi, jam 4subuh bangun di hari liburan cuman untuk stabiloin kata-kata yang penting di soal-soal bimbel fotokopian yang gue fotokopi dari temen gue.
Belum pernah gue pergi ke Gramedia inisiatif sendiri buat beli buku-buku pelajaran, biasanya kesana nemenin adek beli komik dan beli buku-buku yang menurut gue kurang penting.
Belum pernah juga gue nyatet-nyatet sampe 1 file kertasnya penuh semua sama rangkuman gue sendiri.
Berubah drastis men! Itu semua karena kemauan.

Jadi, gue cuman pengen ingetin sama kalian kalo emang bener-bener mau sukses jangan cuman lihat ke atas, jangan cuman juga lihat ke bawah, tapi lihat ke depan supaya gak kesandung.
Apa maksudnya? Kalian kalo cuman lihat enaknya aja, sekali dapet yang buruk bisa kaget kan? Terus kalo lihat yang buruknya aja itu pasti udah merasa takut duluan, bisa-bisa kalah sebelum berperang. Nah, lebih baik lihat ke depan, fokus sama apa yang kita ingin capai, dan jangan takut untuk gagal, karena usaha kalian itu gak semuanya berhasil, bukan berarti kalian gak bisa, hanya saja Tuhan punya rencana lebih indah.
Kayak gue gini lah contohnya :p





SO, WHAT WE HAVE TO DO?






No comments:

Post a Comment