Tuesday 25 June 2013

KEEP CALM

Hello guys..
Finally, gue nge-blog lagi setelah sekian lama mendiam diri, sebenernya gue gak nge-blog bukan karena gue capek, males, atau bingung apa aja yang mau di post-in, tapi karena gue lupa password account gue.
HAHAHAHA
Maklumin seorang remaja kayak gue yang baru umur (belom) 18tahun aja udah sering kelupaan. Kalo kata nyokap gue mah "tuh kuping kalo kagak nyantol paling juga kelupaan lu bawa".
Nah, berhubung dengan penyakit gue yang absurd satu ini, dan tentunya (seharusnya) memang harus diobatin   supaya gue jadi orang gak pikun-pikun-AMAT, gue mau cerita tentang begonya gue waktu beberapa hari lalu.
Yup! Ini semua karena kepikunan gue yang sangat mendalam. Oh, bukan pikun aja gue di rumah juga terkenal sangat ceroboh jadi cewek. Hmmmm.... Can't imagine if someday my future in-laws read this blog, what will they think about me?

Waktu itu sebelom gue UN, tepatnya tanggal 10april gue pergi ke sebuah toko buku.
Disana gue liat banyak banget buku... *iyalah masa banyak sepatu* gue ngeliat ke bagian buku-buku tentang SNMPTN gitchu.. yaudah gue jalan kesana karena penasaran.
Sampe di tempat, gue pelonga-pelongo kayak orang bego, gue bingung buku setebel gini gimana belajarnya, gimana bacanya, gimana memahaminya, wong buku sekolah aja jarang (banget) gue sentuh ^^
Gue ketemu satu buku, disitu bukunya sih tulisannya buat Ujian Nasional 2013, tapi bukunya kumel, gak kece, pokoknya gak banget lah, sama bungkus nasi uduk depan rumah lama gue masih bagusan bungkus nasi uduk dibanding covernya, gue rasa yang buat juga udah gila kali.
Disitu gue cuman muter-muterin aja buku-buku itu biar kayak orang pinter diliatnya, sampe ada 3 mahasiswa itu ngeliatin gue, mungkin dalam hati dia bertanya-tanya kali yah.
"Ini cewek manusia apa bulan sih? Kerjaannya muter-muter aja? Ibarat bulan lagi berotasi"
"Ini anak cacingan kali ya?"
"Gak ada kerjaaan nih daritadi muter-muterin buku aja, lu kate lagi di ancol main komedi putar!"

Tapi gue sih kagak peduli, gue tetep muter-muter sampe gue ketemu akal. Tapi ujung-ujungnya gue kagak ketemu akal, yang gue temuin hanyalah sebuah ingatan akan masa-lalu  sekolah.
Soalnya nih waktu itu bulan februari gitu kan ada SNMPTN Undangan, itu loh yang kirim raport sama sertifikat-sertifikat kalo ada terus tinggal nunggu aja santai kayak di pantai pas pengumuman tau-tau ditolak aja. *sedih*
Yaudah deh karena gue gak yakin kalo gue bakal diterima *feeling gue udah kayak Mama Laurent* gue beli salah satu buku keluaran dari TENTOR.
Gue liat covernya bagus, gue liat isi dalemnya bagus, gue liat pembahasannya juga lengkap. Nice, pikir gue.
Tapi satu yang gue gak suka, BUKUNYA TEBEL.
Gue sempet bergumam dalam hati, apa mungkin gue bisa ngalahin semua saingan gue, mereka 60% les sana-sini sampe malem ketemu pagi, pagi ketemu malem, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala, lah gue cuman ngandelin buku-buku doang?
Daripada kelamaan mikir mending gue cepet bayar lalu pulang darisana, karena gue udah diliatin bagai artis papan atas aje.

.........................


Sampe di rumah, gue coba baca-baca bukunya, gue kerjain soal-soal IPSnya, kurang lebih mengasyikan juga menurut gue. Lama-lama ketagihan deh. *ehh
Malam sekitar jam 8 gitu, nyokap masuk kamar tanya gue. "udah makan belum? makan dulu sana jangan belajar terus", Gue cuman bilang "nanti" tanpa menoleh ke dia.

Terus nyokap tanya gue lagi, "tumben belajar, padahal UN masih 5hari lagi, biasanya kan kamu belajar pake SKS (Sistem Kebut Semalam), emang mata pelajaran hari pertama UN apa aja?"

Gue sambil dongak ke atas, langsung nengok ke nyokap gue. "iya apaan ya? aku juga gak tau apaan itu jadwal hari senen".

Nyokap kaget. "lah, kamu belajar buat apa emang kalo gitu? aneh banget Ujian Nasional udah mau mulai sampe sekarang masih gak tau jadwalnya apa aja, emang gak dibagiin?"

Gue jawab dengan santai "buat sbmptn (snmptn tulis) ma, ada sih tapi.... lupa taro dimana".

Gimana nyokap gue gak jengkel, wong UN yang mau mulai gue belajar buat SBMPTN. Dimana logikanya....................????????




Akhirnya Ujian Nasional 2013 pun dimulai...
Gue gak ngerasa deg-degan sama sekali broooowww! Gile lu ndrooo... Demi Tuhaaaan.
"Perasaan macam apa ini?" kata status facebook gue waktu tanggal 14 malemnnya.
Gue ngerjain bener-bener pake otak gue sendiri, gak liat kanan kiri dan kunci yang beredar.
Kenapa gak pake kunci? Bukannya sombong atau gimana.
Gue ngerasa soal di buku SBMPTN keluaran TENTOR itu JAUH LEBIH SULIT dibanding SOAL UN.
Ciyus!
Udah gitu alasan yang paling-paling-paling-tepat-akurat adalah Gue males nyalin!!! 30paket disalin keluar kuncinya pagi jam 4-5an bahkan jam 6? Ujian jam setengah 8? Ogah men.
Jari-jari gue keburu keriting duluan sebelom bunder-bunderin LJK pas UN nanti...
Yaudah gue kerjain semampu gue akhirnya, dari hari pertama sampe hari terakhir gue kerjain sendiri.
Bukan karena gue jomblo gue ngerjain semuanya sendiri, tapi karena gue.... yah single mungkin.



UN gue lalui dengan tenang, tinggal tunggu hasilnya aja gimana. Gue libur juga akhirnya! tapi...... liburan gue ini menurut gue sama aja kayak gak libur. Kenapa? Ya itu, SBMPTN menanti gue men.
Kurang lebih 2bulan lagi gue berperang melawan ratusan ribu peserta hanya untuk memperebutkan puluhan ribu kursi. Gak adil? BANGET, tapi mau apa dikata kebijakannya begitu. Nasi udah jadi bubur. *pake cakwe sama ayam enak kali*







Akhirnya gue belajar....... belajar....... belajar....... belajar...........  belajar..........
Sampe bokap ngomong "kapan lagi papa liat kamu begini". Gue (pura-pura) tidak menghiraukan.
Gue kerjain latihan-latihan soal, kalo ada yang gak tau ya nanya sama temen, sms, bbm, line, whatsapp, kakao semua isinya jawaban-jawaban yang gue gak tau. Maklum kalo dulu kan chatnya cuman buat gossip *wink wink*
Gue belajar bareng temen, di rumah temen gue. Ada gunanya juga. Pulang dari sana gue belajar lagi...
Dan yang paling berubah buat gue adalah... I became so religious!!!
Semua itu gue lakuin buat mencapai cita-cita gue masuk Perguruan Tinggi Negeri favorit gue!
Jadi, waktu mau daftar-daftaran kuliah sebelum UN, gue sempet berantem sama nyokap, gue didiemin, gue dicela, dibanding-bandingin sama anak temen-temennya. Semua itu beliau lakuin karena dia pengen gue kuliah stay di Lampung aja!
Katanya sih anak cewek jangan dikasih kuliah jauh-jauh.. Menurut gue semua itu tergantung anaknya aja.
Yah, pilihan gue emang jauh, gue mau ke Jogja!
Dulu kalo kelas 10 sama kelas 11 ditanya mau liburan gue selalu jawab ke Jogja tapi gak pernah dijinin.
Paling mentok jakarta lagi... jakarta lagi....




"Sekarang kan aku sudah besar, ma....!!!!"










Gue tetap bersikeras buat kuliah diluar, walaupun gue tau PTN yang mau gue masukin itu masuknya gak gampang. Gak gampang karena banyak yang daftar, gak gampang karena saingan gue pinter-pinter semua.
Gak gampang juga karena jurusan yang gue minat sesuai passion gue punya passing grade lumayan tinggi.
Jadi gue harus apa?
BELAJAR! BERDOA! BER-AMAL! BER-TAKWA! DE EL EL.

Tiap malem, pagi, siang sore, gak pernah lepas dari buku. Karena gue merasa gue gak cukup belajar pake satu buku, yeaaay! Finally, gue ke GRAMEDIA lagi deh. Gue liat-liat lagi mana buku yang menarik untuk disobek  dibaca.
Sampe disana gue gak muter-muter lagi kok, tapi gue merenung. Karena bukunya beda-beda semua lagi. Dan kebanyakan yang ada bukan buat SNMPTN tapi buku SIMAK UI. 

"Mas, buku SNMPTN yang keluaran tentor udah gak ada lagi ya?"
"TENTOR???!!!! apaan tuh dek TENTORRR???!!! yang buat sendok nasi?"
"Hah? apaan tuh mas buat sendok nasi?"
"CENTONG dek maksudnya hehehe"
"JAUH MAS.... JAUH AMAT TENTOR KE CENTONG!!!!!"

Setelah sekian sebentar *bukan lama* gue berdebat sama tuh karyawan yang jayusnya ngalahin Parto, gue pun dikasih buku. Kali ini tulisannya bukan buku SBMPTN atau SNMPTN gitu, tapi untuk UJIAN MANDIRI. kata dia recommended juga ini buku.
Gue lihat dalemnya menarik, pembahasannya juga lengkap. Yaudah deal, gue beli buku itu.
Fix, malem ini berkutat lagi sama buku baru........





Ini buku selain banyak gunanya, lengkap pembahasannya, enak juga dibuat tidur.
gak rugi kok keluarin sekitar 80ribu buat beli buku ini WKWKWKWK







Sebenernya masih banyak lagi, ini mau numpang eksis aja 






Detik-detik menjelang SBMPTN pun dimulai. Gue inget waktu itu gue daftar dan bayar di Bank Mandiri tanggal 3 juni. 
Giliran daftar gue terpisah sendirian dari mereka (kawan-kawan gue yang juga ikut SBMPTN).
Gue ada di gedung FKIP UNILA. Mereka entah ada dimana, yang jelas kita masih bisa bertemu lagi. *ya iyalah ya bos*
Gue sih siap gak siap waktu itu. Gue cuman bisa minta doa dari emak gue, bokap gue, adek-adek gue, temen-temen gue, sahabat-sahabat gue, gebetan gue.
Tepat tanggal 17 juni, sehari sebelum SBMPTN. gue ditemenin sahabat gue, sebut saja dia BUNGA (sebenarnya dia ini laki-laki, nama disamarkan) gue cek tempat ke UNILA gedung FKIP.
Gue ketemu ruangan gue, sambil jalan-jalan mengitari ruangan gue bertanya-tanya dalam hati, "mungkin nggak satu ruangan isinya PTN yang sama kayak gue semua?"
Pertanyaan konyol memang, yah maklum aja sih namanya juga orang deg-degan.

18juni2013...........
Disinilah apa yang gue bilang diatas tadi, PIKUN dan CEROBOH. entah gue beneran PIKUN di masa muda gue, atau gue memang CEROBOH yang dari kecil sifat ini gak pernah lepas dari diri gue.
Bayangin aja sangking semangatnya gue ngerjain Tes Potensi Akademik, gue sampe LUPA TULIS KODE SOAL!!!!!! Once again, LUPA TULIS KODE SOAL!!!!!
Usaha gue yang gue lakukan penuh kerja keras, gue runtuhin begitu aja dalam waktu sekejap.
Gue sadar pas tes kedua, Tes Kemampuan Dasar Umum, disitu tuh pas gue lagi ngisi identitas gue baru sadar kalo kode soal yang TPA belom gue isi.
Gue beraniin diri maju buat ngomong ke pengawas. You know what? Pengawas gue bilang dengan gampangnya; "udah dilabelin, gak bisa dibuka-buka lagi, nanti cacat jadinya".









LEMESSSSSSSSSSSSSSSSSSS.........





Gila berasa gak punya tulang gue berdiri di depan kelas, langsung ada salah satu calon mahasiswa juga angkat tangan, dia bilang "saya juga lupa bu, lupa tulis kode soal"
Bahagia, karena yang ceroboh bukan cuman gue.
Sedih, karena usaha gue bakal gak berarti apa-apa.


Sangking stressnya, gue sampe nelpon temen gue nanya-nanya kasus ini, cari di google, tanya ke facebook SNMPTN, ke twitter SNMPTN, sampe gue buat hashtag sendiri.
Banyak yang bilang hasilnya fatal, gue bakal gak lolos. Gue cuman bisa pasrah, dan diem.
Gue cuman bisa berdoa, tapi di sisi lain gue terus optimis supaya gue bisa lulus, gue pernah baca kalo ada orang yang kejadian sama kayak gue dia bisa lulus juga!
Itu namanya keajaiban Tuhan!

Keep Calm pokoknya! I've done my best and now I let God do the rest :)))

No matter the situation is, keep faith in God, believe in God, trust God and the ways, and everything will work out in the end for the good.



SUKSES BUAT KALIAN SEMUA YANG IKUT SBMPTN 2013, SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK KITA.
GBU.


No comments:

Post a Comment