Friday 28 June 2013

You still care? Yes, I do.

It might be the unforgettable story I've ever had.

Tepat 5 hari yang lalu, untuk pertama kalinya gue bener-bener melihat pake mata kepala gue sendiri, kadang bisa dibilang ini kisah mirip sinetron-sinteron atau gimanalah, but trust me it really happened.

Sekitar jam 8 pagi, gue keluar rumah buat nunggu bus. Disana gue nunggu dengan mata kriyep-kriyep yang berarti gue masih ngantuk banget!
Jam 8 udah keluar rumah hanya untuk bertemu dengan seorang teman yang ingin membicarakan sesuatu, karena memang dia udah gak ada waktu lagi sih, soalnya dia mau ke luar kota waktu itu.

Gak lama kemudian, dateng bus yang gue tunggu-tunggu, sambil berjalan menuju bus, gue menengok sebentar ke belakang sambil melambaikan tangan. "dadah mamaaaaaa......"

Di dalam bus cuman ada 2 penumpang, gue dan seorang cowok berkaca mata memakai jaket hitam. 
Setelah beberapa lama makin banyak penumpang yang masuk, desek-desekan, bau ketek, tumbur-tumburan nyampur jadi satu semua, untungnya aja gue duduk hehehe .
Baru aja gue liat hape karena si doi (temen gue itu) sms gue, tiba-tiba busnya ngerem mendadak, alhasil penumpang di dalem hampir jatoh semua. 
Supir bus itu balik ke belakang sambil minta maaf ke semua penumpang (termasuk gue dong), terus kneknya langsung jalan ke pintu bus dan buka pintu, sebelum dia membuka pintu dia sempet marah-marah kesel gitu, tapi kok giliran pintunya udah dibuka dia malah diem?

Oh my.... ternyata supir bus tadi hampir nabrak seorang kakek yang lagi nunggu bus!
Knek itu nanya ke Kakek tua tersebut, karena Kakek itu nunggunya bukan di atas halte, tapi malah dibawahnya, ya jelas (hampir) gak keliatan dong..

Sampe di dalam, Knek itu nyuruh kakek itu duduk di bangku, gue sama salah satu cewek yang gak gue kenal tiba-tiba langsung bangun dari bangku, nyuruh dia buat duduk maksudnya. (gak tau kenapa bisa barengan), tapi anehnya... dia malah gak mau.
Lalu bapak-bapak nawarin dia juga buat duduk, ditolak lagi. Ngeliatnya aja gue udah rada gimana gitu, kasian. Kumel, mukanya melas abis, kaca matanya tebel pula.

Akhirnya nyampe di halte selanjutnya, banyak penumpang yang berdiri dan duduk itu keluar, tapi cuman sedikit yang masuk ke bis. Gue tetep duduk. Akhirnya Kakek itu duduk di bangku tepat berhadapan sama gue!
Dia nanya ke sampingnya dengan suaranya yang lantang. "tadi adek jatoh gak waktu busnya berhenti karena hampir nabrak saya?"
Orang yang ditanya itu jawab dengan ketus. "engga tuh".
Kakek itu tersenyum, sambil buka dompet dia ambil foto, foto itu dikasih ke sampingnya yang tadi dia tanya. "muka kamu mirip dia".
Seketika langsung semua penumpang beserta knek yang denger langsung ngakak, gue juga ketawa pelan karena memang itu lucu.
Tapi, penumpang di sebelahnya ini malah kesel, dia langsung berdiri dan ninggalin tempat itu.
Gue tau tempat yang dia tuju belum nyampe, tapi dia udah keburu minta berhenti duluan, gue yakin juga pasti gara-gara kakek ini.
Sebenarnya waktu kakek itu ngomong begitu, gue sempet berpikiran kalo ini kakek menel amat dah.

Gak lama penuh lagi bus, kali ini ada ibu-ibu hamil yang masuk, tanpa ibu itu tanya atau menoleh pun, Kakek itu langsung ngasih tempat duduk ke dia. Gue bengong!
Kakek itu berdiri udah kayak terombang-ambing, dia keliatan banget gak kuat berdiri, untuk ke 2xnya gue berdiri dan noel pundak dia suruh duduk, dia gak mau lagi. Dia senyum.
Gila, ditolak terus dah gue perasaan, sama kakek-kakek pula!

Gue udah gedek aja rasanya dalem bus kelamaan! pengen cepet-cepet keluar rasanya.
Bus yang tadinya dingin berasa pengap sekarang, karena banyak yang naik.
Nah, gak sampe 10menit gue ngedumel sendiri dalam hati, akhirnya bus sepi lagi huehehe makasih ya Tuhaaan...
Kakek itu duduk disamping ibu hamil itu, knek itu langsung nyamperin kakek tadi.
"maaf pak, saya lupa tadi mau minta uang ongkos, 3ribu pak, bapak mau kemana ya tempatnya?"
"saya gak tau mau kemana, saya mau ikutin cewek yang tadi duduk disini, namanya siapa ya mas?"
"cewek yang mana pak?"
"yang tadi turun pake baju putih sama celana panjang"
"gak tau pak, kenapa tadi dia turun bapak gak ikut turun aja?"
"saya takut dia marah"

Semua yang ada di dalem bus bengong, gue juga bingung apa sih maksudnya kakek satu ini.
Diem-diem gue pura-pura maen hape aja walau sebenarnya gak ada pulsanya, gue nguping pembicaraan mereka.
Seketika gue kaget waktu dia ngomong kalo cewek tadi itu anaknya yang udah lama merantau di Lampung dan gak balik-balik, bisa gilaaaa..
Seinget gue, dia ada ngomong begini:

"tadi sebelum saya naik bus ini, saya liatin dia dari jauh, karena saya tau dia disini makanya saya ikut naik kesini. saya takut kalau saya nunggu di halte wajah saya keliatan dari kaca dan dia tidak mau bertemu saya, jadi saya tunggu dibawah, untung Tuhan masih sayang sama saya karena saya tidak tertabrak, tapi akhirnya dia pergi juga"

Agak sedih sih sebenernya gue denger tuh kakek cerita, tapi apa daya tujuan gue udah sampe. 
Dan begitu si knek minta ongkos sama si Kakek, dia gak punya duit dan si knek itu langsung muram mukanya. Sambil balik badan dan jalan dia langsung nyeplos "orang tua ngerepotin aja bisanya"
Pas gue turun dari bus, gue langsung kasih uang 5ribuan ke si knek itu, dia tanya kenapa gue kasih uang lagi kan padahal udah bayar.
Gue cuman jawab "wakilin kakek itu", dan langsung aja gue lari nyamperin temen gue yang udah kelamaan nunggu.


You still care? Yes, I do. Even it's not a big help, but at least I can feel what he feels.
Being ignored by his daughter when he's getting old, taunted by someone who's younger than him, I guess he has a great heart to survive.

Give your attention to others, help someone when you know you're needed, you're gonna get what you deserve. God never sleeps :)


No comments:

Post a Comment