Tuesday 25 June 2013

Tiga Serangkai

Hmm kenapa gue kasih judul kali ini Tiga Serangkai?
Bukan karena gue mau nyeritain si Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat, tapi gue mau berbagi pengalaman tentang persahabatan gue yang orang-orangnya emang udah gak jelas semua.


Berawal dari TK.
Gue adalah seorang anak perempuan yang menginjakkan kaki di jenjang pendidikan langsung ke TK Besar, jadi sewaktu angkatan gue masih belajar di TK Kecil, gue masih asik-asikan di rumah, maen masak-masakan, robot-robotan, atau apalah! (kecil aja maennya robot, gak pernah nyentuh barbie)
Gue langsung masuk TK Besar karena waktu itu gue masih tinggal di Surabaya, jadi bokap dan nyokap gue memutuskan untuk sekolah di Lampung aja, masuklah gue ke salah satu sekolah yang terkenal di Bandar Lampung. TK Xaverius Teluk Betung Bandar Lampung.
Pertama gue masuk disini, rasanya asing bagi gue, gue berpikiran mereka itu jahat-jahat semua! 
Soalnya pertama kali masuk disini aja, gue langsung di plototin sama temen-temen sekelas gue. Bayangin aja, masih TK aja mukanya udah pada ngajak ribut, ngeselin abis cyinnn...
Gue diem, diem kayak patung gajah-gajahan yang ada di Lampung sini. 
Yang paling mengesankan lagi, mereka semua ditungguin sama nyokapnya diluar kelas, sementara gue baru masuk kelas langsung gue suruh nyokap gue pulang, karena gue gak tau kalo ternyata seminggu pertama masuk Orang Tua boleh menunggu anak-anaknya.
Well, gue keliru campur super ke-PDan.

Hari pertama gue laluin dengan santai, bernyanyi, bermain, lama-lama gue jadi kompak satu sama lain.
Berhubung gue anak cewek yang tomboy, gue agak sulit untuk ber-adaptasi dengan anak-anak cewek di kelas gue, alhasil gue kebanyakan maen sama anak-anak cowok.

Anak-anak cowok di kelas gue itu sumpah ada-ada aja tingkahnya. Waktu itu sebangku sama cowok matanya sipit, agak pendiem, tapi suka muntah gawenya di kelas. Entah yang dia makan apa sebelum otw ke sekolah, tapi yang pasti seminggu gue duduk sama dia, ada 4x dia muntah. Gue bingung!

Disamping itu, gue belajar buat deket sama anak-anak cowok laennya, gue pindah tempat duduk karena memang TK itu bebas mau duduk dimana aja.
Gue ketemu sama cowok, kali ini bukan tukang muntah bro, tapi TUKANG BOKER.
Bayangin perasaan gue men waktu lagi asik-asik kita ketawa-ketiwi, main-main, nyanyi-nyanyi, eh ada suara kayak tronton lewat, dan dia boker di celana gak taunya.
Gue kaget abis! Baunya semerbak! Gue teriak ke guru gue. "Bu, dia boker! aaaaaa....."
Guru gue langsung bawa dia ke WC, entah apa yang dilakuin guru gue disana yang jelas gue kagak mau tau, gue jijik men!

Finally, gue ketemu sama salah satu cewek di kelas gue. Ini cewek sih pecicilan abis, sebelas duabelas lah tingkahnya sama gue. 
Actually, gue selalu nyari kawan cewek yang emang harus kayak gitu, supaya gue bisa cocok. Coba kalo gue temenan sama cewek kutu buku, gue ngomong, gue ketawa, gue cerita, gue nangis, udah kayak orang gila ngomong sendiri. Pedih...

Gue kenalin aja, nama cewek ini Mainur Afda. Biasa di rumahnya dipanggil "upik", jangan tanya kenapa, karena sumpah mati gue bukan emaknya.
Gue kemana-mana selalu sama dia, ketawa-tawa di kelas sama dia, yah sama temen-temen laen juga tapi gak se-akrab gue sama dia.
Dulu kita lucu banget, kuncir-kunciran di kelas, terus kalo ke sekolah makan bekal ber-2, kunciran kita kadang juga samaan.

Pernah sewaktu hari gue lagi dongkol abis sama salah satu anak cowok di kelas gue, waktu itu gue lagi di barisan pertama. (dulu kan kalo TK pas pulang baris kayak kereta yang paling depan dituntunin sama guru). nah itu lah posisi gue, lagi asik dituntun sama guru buat turun tangga, si anak cowok ini belakang gue, nyuruh anak cewek (temennya) buat ngerebut barisan gue, supaya dia paling depan. BEGO-NYA, si cewek ini nurut aja apa kata si cowok itu. *dia gak tau siapa gue rupanya*, dia rebut lah tas gue ditarik kebelakang, gue reflek, gue dorong dia dari tangga tengah sampe nyusruk ke bawah. 

"MAMPUS LO" kata gue pelan. Guru gue langsung nolongin dia dan kuping gue dijewer sampe merah. Temen-temen gue yang lagi baris tiba-tiba bengong melongo semua.
Akhirnya gue dipanggil ke kantor, gue dinasehatin disana jangan begitu lagi, gue cuman pasang muka datar se-datar-datarnya :|
Gak nangis, gak marah, gak seneng juga tentunya. Si Mainur kebetulan yang belom dijemput nyusul gue ke kantor, disana gue sambil nunggu jemputan ngobrol-ngobrol bareng dia.
Dan kalian tau dia bilang apa? "Gila mar, seru banget tadi". Astagaaaaa.. emang gak salah pilih kawan gue rupanya. 





LULUS DARI TK BESAR, MASUK KE TINGKAT LEBIH TINGGI..... *eng ing eng*
WELCOME PUTIH MERAH :D

Temen baru, buku baru, gaya baru, sepatu baru, guru baru, kelas baru, status gue aja yang lama. yahhh......
Ternyata gue dan kawan gue si Mainur, dipisahkan oleh jarak. Gue dapet 1B, dia dapet 1D.
Disana gue ngerasa gak ada kawan yang kayak dia, pecicilan, petakilan, sembrono, dan sebagainya. Gue hampaaaaa.....

Emang jodoh gak kemana. Kita ketemu lagi di kelas 3D!!!!! Yayyyyyy!!!! 
Tapi kali ini semua berubah drastis, mungkin karena kita udah sama-sama punya temen baru makanya kita jadi lupa sama yang dulu-dulu.
Gue musuhan sama Mainur. Gue kata-kataan, Gue maki-makian, tapi Gue gak tonjok-tonjokan sama dia. Entah apa masalahnya gue lupa.
Disitu kita selalu genk-genkan. Genk gue gak boleh deket sama dia begitu juga sebaliknya.
Tapi emang dasar kita labil aja, gak lama musuhan baikan lagi, nanti udah baikan musuhan lagi.
Sampe gue ketemu cecurut yang paling ngeselin waktu kelas 3SD, ini cewek ibaratnya profokator di antara gue dan Mainur. Namanya Olivia Ika Putri.
Sekalinya deket sama gue, deket abis, sekalinya jauh ngeselin abis. Jadi dia ini ibarat benalu yang nemplok sana sini.

Tapi akhirnya kita kompak lagi di kelas 6 setelah melewati banyak perbedaan, permusuhan, perkelahian, dan masih banyak tentunya.
Dari 5 orang yang temenan, cuman gue, Mainur, dan Oliv yang paling deket. Sisanya yah... lu mau kenal gue sukur, gak mau sudah. WKWK
Kelas 6 banyak banget kenangan yang gak bisa disebutin satu-satu, dari bikin mading, maen kejer-kejeran bareng, sampe waktu perpisahan SD kita sampe nangis ber3 di depan nyokapnya si Mainur.
Entah nyokap gue dan nyokapnya Oliv kemana, pokoknya seinget gue mereka gak ada.

Gue daftar SMP lanjut di sekolah yang sama, Xaverius.
Mainur dan Oliv pun pindah, mereka beda sekolah namun sama di sekolah negeri.
Kita cuman contact via facebook dan kadang juga SMS doang.
Gak pernah ketemu, kangen-kangenan iya.

Gue ngerasa kehilangan waktu gue SMP, gue ngerasa temen-temen SD gue jauh lebih menyenangkan, entah karena faktor apa gue juga gak ngerti. Pokoknya SD itu dulu gak ada jaim-jaiman kalo kata orang sekarang mah jamannya FRONTAL

LULUS SMP, Gue masuk SMA.
Gue bisa ketemuan lagi sama Mainur, dia beda banget, tambah tinggi aja, gue tambah gendut aja. Beda tipis..
Gue jalan-jalan di mall, foto-foto buat kenangan. Makan bareng, cerita-cerita.
Sampe akhirnya gue berusaha buat contact lagi si Oliv, yang nyasar sampe ke cilegon.

"menel sih sekolah pake pindah dari lampung, jadi susah ketemu" gue sempet mention di twitter dia kayak gitu hehehe. 
Akhirnya waktu UN SMA selesai, gak lama setelah itu dia balik, dia langsung ke rumah gue.
WAWWWWWWWWW! Oliv tambah tinggi, dulu waktu SD kalo jalan ber3 dia di tengah, soalnya dia paling cebol. Sekarang gue sama dia kok tingginya malah sama.

Gak lama dari situ Mainur dateng ke rumah gue, akhirnya kita kumpul-kumpul ber3 lagi. cerita-cerita, jalan-jalan.
Kita punya cita-cita, gak jauh-jauh lah cuman pengen masuk PTN yang diinginkan aja.
Tapi sialnya, gue sama Oliv milih PTN yang sama gak diterima.
Sementara si Mainur, dia tembus di AGROEKOTEKNOLOGI di UNIVERSITAS BRAWIJAYA.
Selamat! Dia berhasil buat masuk di Universitas yang dia pengen. 
Gue sama Oliv tinggal gigit jari.






     Di rumah gue, depan kaca kamar mandi, biasa numpang eksis tuh yang di tengah.



 Oliv senyumnya maksa, Gue yang paling CUTE, Mainur yang senyumnya pamer gigi.


                              Our face never changes, it's still as same as our childhood.


                                  Bosen di rumah gue, maen pump dulu kabur ke Fun City


                            webcaman di kamar gue dengan muka paling lolok itu si Mainur




"All the events that we have experienced will never change what has happened between us. We are best friends who can accept the weakness of each other. We can survive not because we always have the advantage, but because we want to learn from the experience. No matter how far distance separates us, you'll always be the story behind my life" - Maria Angelica

No comments:

Post a Comment